BREAKING NEWS

Polres Muna ; Angka Kriminalitas Turun 15 Persen. - Polres Muna
BERITA SEBELUMNYA

"Parangi" Warga, Pelaku Diamankan Polisi.

BERITA BERIKUTNYA

Pantau Sitkamtibmas, Bhabinkamtibmas Sambangi Warganya

Polres Muna ; Angka Kriminalitas Turun 15 Persen.

admin 29 Desember 2017 0 komentar

Kapolres Muna AKBP Agung Ramos.P.Sinaga,S.Sos,.S.H,.M.Si , memimpin pelaksanaan kegiatan Press Release Akhir Tahun 2017 Polres Muna, yang bertempat di Mako Polres Muna. Jumat (29/12/2017).

Kegiatan yang  juga dihadiri oleh Pejabat Pemerintahan Kabupaten Muna, Muna Barat dan Buton utara diantaranya Bupati muna Barat Drs.L.M.Rajiun Tumada,M.Si, Dandim 1416 Muna , Ketua Pengadilan Negeri Raha, Kejaksaaan Kabupaten Muna, beserta para pejabat utama Polres muna.

Kapolres menjelaskan, perkembangan kriminalitas yang terjadi mulai bulan januari sampai dengan desember tahun 2017 yaitu sebanyak 1.177 kasus. Bila dibandingkan dengan kriminalitas yang terjadi pada tahun 2016 sebanyak 1.356 yang mengalami penurunan sebanyak 179 kasus atau 15 %, penurunan dari kasus – kasus yang ada diwilayah polres muna itu menunjukkan bahwa trend perkembangan yang ada secara umum mengalami penurunan yang cukup baik, namun demikian kita tetap antisipasi mengenai krimnalitas agar di tahun 2018 tidak akan terus berkembang, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Ia juga menambahkan "Untuk Kasus Laka Lantas Selama Tahun 2017 Sebanyak 77 Kasus Sedangkan Di Tahun 2016 Sebanyak 71 Kasus Mengalami Kenaikan 6 Kasus Atau 8,4 %, Untuk Pelanggaran Di Tahun 2017 Sebanyak 3.592 Kasus, Dan Di Tahun 2016 Sebanyak 3.842 Kasus, Mengalami Kenaikan Sebanyak 250 Kasus Atau 0,6 %.".

"Namun khusus untuk kasus narkoba selama tahun 2017 kami mengungkap sebanyak 13 kasus dan alhamdulillah ini sudah memenuhi target satres narkoba polres muna, secara kuantitas mengalami kenaikan sebanyak 46 % bila dibandingkan pengungkapan di tahun 2016 yang hanya 7 kasus. " ungkap Akbp Agung.

Untuk di ketahui juga bahwa polres muna sudah melakukan berbagai bentuk kegiatan inovasi terobosan guna menekan angka kriminalitas di polres muna ini antara lain terobosan bhabinkamtibmas yang membuka usaha kursus menjahit gratis, komunitas ojek kamtibmas, pengolahan hasil pohon enau menjadi gula aren serta pembuatan taman baca alqu’ran terobosan yang lain yaitu melakukan pengobatan gratis yang sudah kami lakukan sebanyak 13 kali di daerah – daerah yang dianggap sering terjadi konflik.

"Selain itu juga kami polres muna beserta jajaran melaksanakan operasi cipta kondisi dengan sasaran penyakit masyarakat dan hasilnya cukup memuaskan dimana kami mampu menyita barang bukti berupa minuman tradisional sejenis kameko sebanyak 1.514 liter dan arak sebanyak 322 liter yang rencananya sebentar akan dimusnahkan secara bersama – sama beserta barang bukti hasil ops zebra berupa helm bukan standar sni dan knalpot bogar" tambahnya lagi.

Khusus terkait Narkoba , Polres Muna kini telah memiliki Rumah edukasi Narkoba yang didirikan bertujuan untuk memberikan pendidikan tentang bahaya pemakaian Narkoba.

Kapolres juga mengatakan, langkah-langkah antisipasi yang dilakukan Polres Muna adalah mengoptimalkan segenap sumber daya internal dan eksternal personil Polres Muna, melakukan deteksi dini menyentuh akar permasalahan, mengutamakan tindakan Pre-Emptif dan Preventif (fungsi Shabara sebagai Back Bone Operasional), serta melakukan penegakan hukum dengan tegas dan humanis berdasarkan prosedur dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku serta menghormati hak asasi manusia.

Harapan dan himbauan Kapolres kepada masyarakat, antara lain diharapkan dapat menjalin kemitraan dengan Polri serta berpartisipasi aktif dalam pemeliharaan Kamtibmas serta penegakan Hukum, selalu menghindari  minuman keras, perjudian dan narkoba karena dapat merusak generasi muda dan bangsa, dan meningkatkan displin berlalu lintas, hindari kebut-kebutan, balapan liar maupun ugal-ugalan di jalan raya yang dapat membahayakan diri sendiri dan bagi penguna jalan lain.

” Gangguan kamtibmas bukan mutlak itu tanggung jawab polisi akan tetapi tanggung jawab kita bersama. Tanpa peran serta masyarakat, kami akan kesulitan untuk mengungkap berbagai macam kasus, akan tetapi jika seluruh elemen masyarakat mendukung, kami yakin angka kejahatan di Kab. Muna akan terus berkurang”. Pungkas Kapolres.

Kasubbag Humas Polres Muna Akp Samsuddin di tempat terpisah mengatakan " Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin akhir tahun yang diselenggarakan Polri dalam hal ini Polres Muna.Disisi lain juga sebagai bentuk pertanggung jawaban institusi Polri / Polres Muna kepada masyarakat dalam menyampaikan informasi publik yang berkaitan dengan situasi dan kondisi kamtibmas terkini serta evaluasi implementasi kegiatan yang menjadi atensi publik yang perlu direspons secara obyektif melalui media siaran pers."

Kegiatan press release akhir tahun Polres Muna diakhiri dengan pemusnahan barang bukti miras dan knalpot bogar serta Helm Bukan Standar SNI oleh Kapolres Muna beserta seluruh Tamu Undangan.


KATEGORI :

KOMENTAR

BERLANGGANAN

Jadilah orang pertama yang mengetahui update berita dari kami via email anda.

STAY IN TOUCH!

BERITA TERBARU

Laka Lantas Ringan, Bhabinkamtibmas Lakukan Problem Solving
Patroli Raimas Untuk Cegah Gangguan Kamtibmas
Wakapolres Hadiri Pelantikan Panwaslu Tingkat Desa.

Kepolisian Resor Muna

Jl. Baypass No. 1 Raha Prov. Sulawesi Tenggara

(0403) 2521110

polresmuna01@gmail.com

Polres Muna © Copyright 2017, All Rights Reserved Design and development by: Al Amin Dawa